Analisis Kuantitatif Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Budaya Religius di Sekolah
Abstract
Manajemen kepala sekolah memegang peran strategis dalam menciptakan iklim sekolah yang mendukung pembentukan budaya religius. Budaya religius bukanlah hasil kebetulan, melainkan terbentuk melalui kepemimpinan yang visioner, perencanaan yang matang, serta pembiasaan yang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kuantitatif sejauh mana pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap budaya religius di sekolah, khususnya pada lembaga pendidikan anak usia dini berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Responden terdiri dari 40 guru yang aktif di TK Negeri Pembina Tembelang, yang dipilih secara purposive. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap budaya religius sekolah dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 0,598. Artinya, 59,8% variasi dalam budaya religius di sekolah dipengaruhi oleh bagaimana kepala sekolah mengelola, memimpin, dan menginspirasi warganya. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang baik bukan hanya berdampak pada aspek administratif, tetapi juga sangat menentukan arah dan nuansa religius dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Oleh karena itu, penguatan kompetensi manajerial kepala sekolah menjadi bagian penting dalam membangun budaya religius yang kuat dan berkelanjutan di lingkungan pendidikan Islam.
Downloads
Article Metrics
Abstract view : 45 timesPDF Download : 54 times
Copyright (c) 2025 Jurnal Panrita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Panrita: Journal of Education, Research and Technology agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.