Meningkatkan Motivasi, Minat dan Bakat Anak Melalui Lomba Memperingati Isra’ Mi’raj
Abstract
Children are individuals who play a significant role in the future and in subsequent growth. If their abilities are nurtured from an early age, they can grow into individuals capable of managing their lives and adapting to their surroundings. This study aims to develop the potential of children in Balleangin Village in the field of religion. The results of this study indicate that the activities commemorating the Isra’ Mi’raj 1445 H have had a positive impact on developing the potential of children in Balleangin Village, including academic achievements, knowledge, skills, and specialized expertise in the arts with an Islamic touch.
References
Aristanti, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang.
Dra. Dwi Nastiti, “Assesmen Minat Bakat Teori Dan Aplikasinya”, (2020).
Haniah, T. d. (2024, 02 01). Wawancara.
Haurah, (2024, 02 03). Wawancara.
Hikmawati, E. N. (2021). Peran ABCD Pada KKN (Kuliah Kerja Nyata) Di Era Covid -19 Tahun 2021. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ina Magdalena, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa”, (2020).
Mahargiyanti, M. A. (2017). Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa MTS Muhammadiyah 07 Purbalingga Institut Agama Islam Negeri. Skripsi.
Muh. Haris Zubaidillah, A. A. (2023). Pendampingan Kegiatan Keagamaan Melalui Optimalisasi Program Pengabdian Masyarakat Di Desa Tangkawang Haur Gading. AL_KHIDMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Putri, Melati. (2022). Isra Mi’raj Dalam Perspektif Hadis. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rahma Nurbaiti, S. A. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 55.
Rini Aulia,”Hubungan Antara Konfornitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Kelas 7 Mts Budaya Langkat”. (2019)
Sholahuddin Majid, S. M. (2018). Manajemen Stretegi Pesantren Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah.
Soebari, M (2003). Pelajaran dari Isra Mi‟raj Nabi. Jakarta: Khairul Bayan.
Suri, M., & Izzati, N. (2022). Hikmah Peristiwa Isra Miraj Sebagai Pondasi Keteguhan Tauhid Dalam Sanubari Dan Perilaku. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Pendidikan), 4(1), 1-7.
Taufik Alamsyah. (2019). Kemampuan Awal Peserta Didik Dalam Menentukkan Minat Dan Bakat. Jurnal Pengabdian.
Yunita, Y. (2021). Peristiwa Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Pembelajarannya. Jurnal Dewantara, 11(01), 125-131.
Article Metrics
Abstract view : 530 timesPDF Download : 347 times
Penulis yang melakukan penerbitan pada Jurnal Panrita: Jurnal Pendidikan, Riset dan Teknologi, menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dari karya yang dilisensikan secara simultan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontraktual tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif atas versi karya yang diterbitkan jurnal tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengunggah karyanya secara daring (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak dari karya yang diterbitkan (Lihat Dampak Akses Terbuka ).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ .