Mendongeng Guruku Hebat Guruku Kreatif
Abstract
Permasalah prioritas mitra, (1) Mitra membutuhkan pengetahuan dasar mendongeng Guru PAUD; (2) mitra membutuhkan kegiatan dalam mengembangkan media mendongeng; (3) Mitra membutuhkan keterampilan dalam mengembangkan media mendongeng; (4) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat tempat pertunjukan; (5) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat alat bantu pembelajaran dalam bercerita; (6) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat kreasi dari bahan bekas atau sisa; (7) Mitra membutuhkan pengetahuan dan pelatihan metode dan teknik bercerita dan mendongeng; (8) Mitra membutuhkan pengetahuan dan pelatihan dalam membuat naskah cerita; (9) mitra membutuhkan pelatihan dan pendampingan pentas akhir puncak tema.Solusi Program Kemitraan Masyarakat dengan melaksanakan Workshop Mendongeng Guruku Hebat Guruku Kreatif. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus diperlukan empat tahapan yakni pelatihan, pendampingan, praktek dan pengadaan literatur keilmuaan. Untuk melaksanakan diperlukan strategi untuk melaksanakannya yaitu edukasi,implementasi, ekstablishment, campaign. Hasil PKM menunjukkan hasil kemampuan peserta mendongeng perlu dilatih kembali agar lebih lancar dalam kegiatan mendongeng
References
Badru Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas.
Ditbinlitabmas. 2018. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jakarta: RISTEKDIKTI
Hajeni, H., Rahmatia, R., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242-3252. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327
Hajeni, H., Pajarianto, H., Pribadi, I., Rahmatia, R., Galugu, N., & Amri, S. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pemahaman Anak Usia Dini tentang Covid-19 Berbasis Religiosity Approach. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2231-2240. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1173
Hakim, N., Ulpi, W., & Hasyim, F. (2022). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak pada Masa Pandemi melalui Kegiatan Senam Berbasis Windows Movie Maker. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2677-2689. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1954
Hasan, M., Aji, N. U. B., Suyitno, M., Pamuji, S. S., Rochmahtun, S., Wibowo, T. P., ... & Apriyanti, Y. O. (2023). Pendidikan karakter anak usia dini. Sada Kurnia Pustaka.
Hikrawati. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 5(2), 131–139. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.3
Hutami, E. P., dan Ramli, S. A. (2018, September). Studio Teater Panggung Boneka Sebagai Sarana Pembelajaran PAUD Di Kota Palopo. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, IV(2), 46-60.
Jojoh Nurdiana dan Cicih Sunarsih (2016). Modul Guru Pembelajaran TK Kelompok C. Bandung: PPPPTK TK DAN PLB.
Kemampuan. Jurnal Stit NU Al-Hikmah, 1-12.
Nanny Mayasari, Jusriati Jusriati, Prayogo Prayogo, Hajeni Hajeni, Yati Yati, Wahyuni Ulpi, Risna Saswati, Muhammad Satar, Hadi Pajarianto.(2023). Manajemen Pendidikan. Makassar: Tohar Media
P, Y. S., Ramli, S. A., & Hajeni, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui kegiatan Meronce Pada kelompok b Taman Kanak-Kanak PKK to’lemo Kabupaten Luwu. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 76. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15885
Pemerintah Daerah Kota Palopo. 2015. Kota Palopo dalam Angka. BPS Kota Palopo.
Permendikbud 137. (2014). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Permendikbud.
Permendikbud 146. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Permendikbud. Solihati. (2014). Efektifitas Media Panggung Boneka Untuk Meningkatkan
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45-55. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
ramli, s., & Muhajir, H. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK ILMU TERHADAP PENGEMBANGAN ARITMATIKA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PALOPO. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 146-161. doi:http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5193
Salama, N., Hikrawati, H., & Harisa, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kreativitas Guru PAUD. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 108-112. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2023.4.1.108-112
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Yakub, Y. P. (2010). Mengenal Aneka Teater Boneka. Bogor: Horizon
Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30-37. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197
Yulkaryani, W., Ulpi, Wahyuni., & Hikrawati, H. (2023). Description of Leader Kids: Study of Children Aged 5-6 Years in Kindergarten, 9(1), 11–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.43051
Article Metrics
Abstract view : 1204 timesPDF Download : 644 times
Penulis yang melakukan penerbitan pada Jurnal Panrita: Jurnal Pendidikan, Riset dan Teknologi, menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dari karya yang dilisensikan secara simultan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontraktual tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif atas versi karya yang diterbitkan jurnal tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengunggah karyanya secara daring (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak dari karya yang diterbitkan (Lihat Dampak Akses Terbuka ).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ .