Mendongeng Guruku Hebat Guruku Kreatif

  • Syamsul Alam Ramli Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Eka Poppi Hutami IAIN Palopo
Keywords: Mendongeng, Guru Hebat, Guru Kreatif

Abstract

Permasalah prioritas mitra, (1) Mitra membutuhkan  pengetahuan  dasar mendongeng Guru PAUD;  (2) mitra membutuhkan kegiatan dalam mengembangkan media mendongeng; (3) Mitra membutuhkan keterampilan dalam mengembangkan media mendongeng;  (4) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat tempat pertunjukan; (5) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat alat bantu pembelajaran dalam bercerita; (6) Mitra membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat kreasi dari bahan bekas atau sisa; (7) Mitra membutuhkan pengetahuan dan pelatihan metode dan teknik bercerita dan mendongeng; (8) Mitra membutuhkan pengetahuan dan pelatihan dalam membuat naskah cerita; (9) mitra membutuhkan pelatihan dan pendampingan pentas akhir puncak tema.Solusi Program Kemitraan Masyarakat dengan melaksanakan Workshop Mendongeng Guruku Hebat Guruku Kreatif. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus diperlukan empat tahapan yakni pelatihan, pendampingan, praktek dan pengadaan literatur keilmuaan. Untuk melaksanakan diperlukan strategi untuk melaksanakannya yaitu edukasi,implementasi, ekstablishment, campaign. Hasil PKM menunjukkan hasil kemampuan peserta mendongeng perlu  dilatih kembali agar lebih lancar dalam kegiatan mendongeng

References

Badru Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas.

Ditbinlitabmas. 2018. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jakarta: RISTEKDIKTI

Hajeni, H., Rahmatia, R., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242-3252. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Hajeni, H., Pajarianto, H., Pribadi, I., Rahmatia, R., Galugu, N., & Amri, S. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pemahaman Anak Usia Dini tentang Covid-19 Berbasis Religiosity Approach. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2231-2240. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1173

Hakim, N., Ulpi, W., & Hasyim, F. (2022). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak pada Masa Pandemi melalui Kegiatan Senam Berbasis Windows Movie Maker. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2677-2689. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1954

Hasan, M., Aji, N. U. B., Suyitno, M., Pamuji, S. S., Rochmahtun, S., Wibowo, T. P., ... & Apriyanti, Y. O. (2023). Pendidikan karakter anak usia dini. Sada Kurnia Pustaka.

Hikrawati. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 5(2), 131–139. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.3

Hutami, E. P., dan Ramli, S. A. (2018, September). Studio Teater Panggung Boneka Sebagai Sarana Pembelajaran PAUD Di Kota Palopo. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, IV(2), 46-60.

Jojoh Nurdiana dan Cicih Sunarsih (2016). Modul Guru Pembelajaran TK Kelompok C. Bandung: PPPPTK TK DAN PLB.

Kemampuan. Jurnal Stit NU Al-Hikmah, 1-12.

Nanny Mayasari, Jusriati Jusriati, Prayogo Prayogo, Hajeni Hajeni, Yati Yati, Wahyuni Ulpi, Risna Saswati, Muhammad Satar, Hadi Pajarianto.(2023). Manajemen Pendidikan. Makassar: Tohar Media

P, Y. S., Ramli, S. A., & Hajeni, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui kegiatan Meronce Pada kelompok b Taman Kanak-Kanak PKK to’lemo Kabupaten Luwu. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 76. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15885

Pemerintah Daerah Kota Palopo. 2015. Kota Palopo dalam Angka. BPS Kota Palopo.

Permendikbud 137. (2014). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Permendikbud.

Permendikbud 146. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Permendikbud. Solihati. (2014). Efektifitas Media Panggung Boneka Untuk Meningkatkan

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45-55. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

ramli, s., & Muhajir, H. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK ILMU TERHADAP PENGEMBANGAN ARITMATIKA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PALOPO. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 146-161. doi:http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5193

Salama, N., Hikrawati, H., & Harisa, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kreativitas Guru PAUD. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 108-112. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2023.4.1.108-112

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Yakub, Y. P. (2010). Mengenal Aneka Teater Boneka. Bogor: Horizon

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30-37. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197

Yulkaryani, W., Ulpi, Wahyuni., & Hikrawati, H. (2023). Description of Leader Kids: Study of Children Aged 5-6 Years in Kindergarten, 9(1), 11–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.43051

Published
2022-12-19
How to Cite
Ramli, S., & Hutami, E. (2022). Mendongeng Guruku Hebat Guruku Kreatif. EPIC: Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19-28. https://doi.org/10.35906/epic.v1i1.202

Article Metrics

Abstract view : 1204 times
PDF Download : 644 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>