Pelatihan Keterampilan Komunikasi Sebagai Strategi Pencegahan Bullying Verbal di STKIP Andi Matappa
Abstract
Community service activities were carried out at STKIP Andi Matappa Jalan Lamaruddani, Pangkajene and Islands District. The community service activity was carried out on Tuesday 20 June 2023 which was attended by 30 students from three study programs, namely the guidance and counseling study program, mathematics education and elementary school teacher education who are members of the Matappa protective community. The objectives of the community service activities are: 1) Provide students with an understanding of verbal bullying prevention strategies, 2) Improve interpersonal communication skills for students in preventing bullying behavior on campus. Community service activities are carried out through 4 stages as follows: Preparatory stage, Opening stage of community service activities, Presentation of material by resource persons, Final activity stage. The results of this community service activity are increasing students' ability to prevent bullying behavior through good communication skills and students having knowledge of interpersonal communication skills are getting better at preventing bullying behavior in the campus environment.
References
Boeree, C.G. (2006). Personality Theories. Yogyakart: Prisma Sophie.
Dewi. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Mental Remaja Pelajar Mahasiswa Akuntansi. Gurusiana.id.
Mangadar Simbolon. Perilaku Bullying pada Mahasiswa Berasrama. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 2, Desember 2012: 233-243
Rahmawati, I. M. H., Rosyidah, I., & Hartatik, H. (2022). Hubungan pola asuh dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar. Jurnal Keperawatan, 20(2), 77-86.
Rahmawati, Iva Milia Hani. 2022. Hubungan pola asuh dengan perilaku bullying pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan STIKES Insan Cendekia Medika
Revine, E, S , & Nuriman, A. 2022. Pelatihan Keterampilan Komunikasi Untuk Mencegah Bullying Pada Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bunda Delima. Vol. 2 No.1 Edisi Februari 2022 Hal . 15 -19
Sakti, S. A., & Widyastuti, T. M. (2020). Implementasi Sekolah Bebas Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Positif Guru. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 5(2), 99-107.
Sejiwa. (2008). Bullying, Mengatasi Kekerasan Di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Gramedia.
Article Metrics
Abstract view : 711 timesPDF Download : 414 times
Penulis yang melakukan penerbitan pada Jurnal Panrita: Jurnal Pendidikan, Riset dan Teknologi, menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dari karya yang dilisensikan secara simultan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontraktual tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif atas versi karya yang diterbitkan jurnal tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengunggah karyanya secara daring (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak dari karya yang diterbitkan (Lihat Dampak Akses Terbuka ).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ .


