STUDI KASUS GAYA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK BATITA STUNTING

  • jihan fadhillah Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Andi Sitti Umrah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO
  • yuli setiawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO

Abstract

Pendahuluan: Stunting menggambarkan kejadian kurang gizi pada balita yang berlangsung dalam waktu yang lama dan dampaknya tidak hanya secara fisik, tetapi justru pada fungsi kognitif.

Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya pengasuhan batita stunting pada masyarakat Pesisir Pulau Balang Lompo

 

 

 

Kabupaten Pangkep. Penelitian dilakukan di Pesisir Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep. Desain

 

 

Metode: Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara secara mendalam dan observasi tidak terlibat. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang informan kunci yang mempunyai anak usia 1-3 tahun dan 6 orang informan pendukung. Data dianalisis menggunakan analisis konten.

Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa dominan ibu menerapkan gaya pengasuhan (parenting style) permisif terhadap anaknya. Disimpulkan bahwa Gaya pengasuhan yang diterapkan ibu terhadap anak stunting adalah gaya pengasuhan permisif.

 

Kata kunci : Stunting, Gaya pengasuhan, Pulau Balang Lompo

Published
2020-04-16
How to Cite
fadhillah, jihan, Umrah, A., & setiawati, yuli. (2020). STUDI KASUS GAYA PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK BATITA STUNTING. Voice of Midwifery, 10(1), 903-910. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/VoM/article/view/105