Pengolahan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Hikrawati Hikrawati Universitas muhammadiyah Palopo
  • nurdin salama universitas muhammadiyah Palopo
  • Irmayanti irmayanti Universitas Ahmad Dahlan Sinjai
Keywords: Bahan Bekas; Profil Belajar Pancasila; Media

Abstract

Bahan bekas merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan media pembelajaran, bahan bekas mudah kita jumpai dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Media pembelajaran merupakan alat penunjang suksesnya proses pembelajaran khususnya pada pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan   tentang pemanfaatan penggunaan bahan bekas sebagai media pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila yang sesuai kriteria, serta penerapannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data kulitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelompok pada kelompok B TK Nurul Hidayah Lempangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan bekas dapat kita oleh menjadi beragam media pembelajaran di PAUD yang tentunya memiliki nilai yang tinggi diandingkan harus membeli media yang mahal dan butuh biaya yang banyak. Bahan bekas mempunyai banyak kelebihan untuk      digunakan di kelas. Tahapan penerapannya mulai dari perencanaan pembelajaran, menentukan metode, strategi dan evaluasi khusus yang digunakan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis bahan bekas.

Published
2024-08-14
How to Cite
Hikrawati, H., salama, nurdin, & irmayanti, I. (2024). Pengolahan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 3(1), 203-218. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/jpea/article/view/316
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 31 times
pdf Download : 24 times