Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf pada Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan mengenal huruf merupakan bagian penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Namun, kenyataannya, banyak anak TK belum mampu mengenal huruf secara optimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 4–6 tahun melalui metode permainan kartu huruf di TK Nurul Hikmah Buntu Awo. Subjek penelitian ini sebanyak 12 ana, teknik pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisisi data menggunakan teknik diskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf dari pra-siklus ke siklus II, yang ditandai oleh bertambahnya jumlah anak yang mencapai kategori "Berkembang Sesuai Harapan" dan "Berkembang Sangat Baik". Permainan kartu huruf terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif anak dalam pembelajaran.
Article Metrics
Abstract view : 51 timespdf Download : 27 times