Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Pengimplementasian kurikulum baru pada satuan pendidikan tidaklah mudah, sering kali menjadi polemik bagi para pendidik khususnya pada je jang pendidikan anak usia dini. Kurikulum merupakan panduan bagi setiap satuan untuk proses jalannya pendidikan, tanpa kurikulum proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik dan tujuan pendidikan nasional tidak dapat tercapai. Tujuan penelitian ini, untuk membahas bagaimana pengimplementasian kurikulum merdeka pada satuaan pendidikan anak usia dini, yang meliputi pengertian kurikulum, karakterikstik, capaian pembelajaran, dan tahapan pengimplemetasiannya pada PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif deskriptif, yang menggunakan anlisis teori dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah kurikulum merdeka berhasil diimplementasikan dengan baik pada satuan PAUD dengan tiga fondasi elemen yaitu nilai agama dan budi pakerti, jati diri, literasi dan STEAM, kehadiran kurikulum merdeka sesuai dengan konsep pembelajaran pada pendidikan anak usia dini yaitu merdeka bermain. Kurikulum ini memberikan kesempatan kepada pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas melalui berbagai pilih kegiatan dalam pembelajaran
References
Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460
Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri-PAUD. In Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Penelitian dan pengembangan dan Perbukuan, Pusat Kurikulumdan Perbukuan.
Kemendikbudristek. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendibudristek, 1–16. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Ningtyas, A. R., Amrillah, H. . T., Putra, M. M., & Hartati, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan PAUD. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 4(2), 81. https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.44312
Rohiyatun, B., Garnika, E., & Jaswandi, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di KB PAUD Permata Bangsa. 4, 1234–1242.
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode penelitian kualitatif (Patta Rapa). Syakir Media Pres.
Article Metrics
Abstract view : 36 timespdf Download : 20 times