Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

  • wahyuni ulpi Universitas muhammadiyah Palopo
  • Rahmatiah Rahmatiah TK Agung Aras Telkomas
  • marhani marhani Universitas muhammadiyah Palopo
Keywords: Kemampuan Berbicara; Anak Usia Dini; Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara anak di TK Mutiara Kasih. Metode bermain peran digunakan sebagai pendekatan pembelajaran baru yang melatih kemampuan bahasa dan berbicara anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif pada anak usia dini di TK Mutiara Kasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Mutiara Kasih. Penelitian ini memberikan manfaat teoretis dan praktis, seperti meningkatkan pengetahuan guru dalam memperbaiki pembinaan untuk pendidikan anak usia dini. Selain itu, penelitian ini juga menjadi pedoman bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran, serta meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya kemampuan berbicara.

References

Arsyad, & Mukti. (2001). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Arsyad, & Mukti. (2001). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Haryadi, & Zamzami. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press

Mustakim, N. (2005). Peranan cerita dalam pembentukan perkembangan anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Nurhasanah, I. A., & Atep Sujana, A. S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1–8.

Poerwodarminto. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ramadhani, U. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Pagaruyung. IAIN Batusangkar.

Ramadhani, U. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Pagaruyung. IAIN Batusangkar.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tuminto. (2007). Kamus Besar Bergambar Berbahasa Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta: PT Bina Sarana Pustaka.

Zainna, W. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Kelas B di PAUD Al Karim Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Published
2024-08-15
How to Cite
ulpi, wahyuni, Rahmatiah, R., & marhani, marhani. (2024). Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 3(1), 219-228. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/jpea/article/view/317
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 43 times
pdf Download : 26 times