Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Bergambar Pada Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui penggunaan media gambar pada Taman Kanak-Kanak Mandiri Laba. Subjek pada penelitian ini adalah kelompok B dengan anak didik yang berjumlah 15 anak. Objek dalam penelitian ini adalah berbicara melalui media gambar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dariĀ empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah bila kemampuan berbicara anak menggunakan media gambar mencapai 80% BSH. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan peningkatan rata-rata pada anak saat pratindakan sebesar 30%, meningkat menjadi 50% pada siklus I , dan meningkat lagi menjadi 81% pada siklus II pertemuan ke IV.
Article Metrics
Abstract view : 286 timespdf Download : 143 times