Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flash Card
Abstract
Penelitian inii bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TKIT Al Hikmah Palopo menggunakan media flash card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TKIT Al Hikmah Palopo yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam berkonsentrasi menggunakan flash card. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak-anak kelompok A di TKIT Al Hikmah Palopo. Perubahan tersebut dapat diamati melalui hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Anak-anak yang awalnya berada dalam kategori "Berkembang Sangat Baik" sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 7,69%, meningkat menjadi 23,07% pada Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 69,23% pada Siklus II.
Article Metrics
Abstract view : 389 timespdf Download : 595 times