Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flash Card

  • Nurindah Syarifuddin Universitas Muahammadiyah Palopo
Keywords: Anak Usia Dini; Flash Card; Kognitif; Media; Strategi

Abstract

Penelitian inii bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok  A di TKIT Al Hikmah Palopo menggunakan media flash card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TKIT Al Hikmah Palopo yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam berkonsentrasi menggunakan flash card. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kemampuan  kognitif  pada anak-anak kelompok A di TKIT Al Hikmah Palopo. Perubahan tersebut dapat diamati melalui hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Anak-anak yang awalnya berada dalam kategori "Berkembang Sangat Baik" sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 7,69%, meningkat menjadi 23,07% pada Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 69,23% pada Siklus II.

Published
2023-07-24
How to Cite
Syarifuddin, N. (2023). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flash Card. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 2(1), 144-155. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/jpea/article/view/237
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 389 times
pdf Download : 595 times