PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMSI TERHADAP KEPUTUSAN MANAJEMEN

  • Andi Nadirah mahmud STIKES Kurnia Jaya Persada

Abstract

Institusi rumah sakit selalu mendapat tekanan untuk dapat memperbaiki pelayanan medis, mengurangi kesalahan medis, penyedia akan akses informasi yang tepat waktu, dan pada saat yang sama harus bisa memonitor. Untuk dapat memenuhi tuntutan ini, rumah harus memiliki sistem informasi manajemen terintegrasi yang bisa memberikan informasi tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Keputusan Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Batara Guru Belopa Kabupaten Luwu

Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi yaitu ketersediaan, tepat waktu, relevan, dan akurat, terhadap keputusan manajemen di rumah sakit umum daerah Batara Guru Belopa Kabupaten Luwu. Sampel dalam penelitian ini yaitu pegawai serta tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit umum daerah Belopa Kabupaten Luwu sebanyak 68 sampel. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi langsung rumah sakit, .Analisis data dengan menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara ketersediaan (p=0,001), tepatwaktu (p=0,011), akurat (p=0,037) dan relevan (p=0,020), terhadap keputusan manajemen di Rumah Sakit Umum Daerah Belopa Kabupaten Luwu. Adapun variabel yang paling tinggi pengaruhnya terhadap penerapan manajemen yaitu ketersediaan dengan nilai sig. p=0,000.

Penelitian ini menyarankan agar bagi rumah sakit umum daerah Belopa Kabupaten Luwu agar melakukan program pengembangan terkhusus pada sistem informasi.

Kata Kunci    : Kualitas Sistem Informasi, Keputusan Manajemen

How to Cite
mahmud, A. (1). PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMSI TERHADAP KEPUTUSAN MANAJEMEN. Voice of Midwifery, 10(1), 885-895. Retrieved from https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/VoM/article/view/108