INSTRUMEN PENGUKURAN HEALTH LITERACY : SYSTEMATIC REVIEW

  • Asriadi Asriadi Universitas Mega Buana
Keywords: health literacy; measurement, instrument

Abstract

Latar Belakang: Asian health literacy assosiation mengungkapkan bahwa pendidikan, penelitian dan pelayanan yang melibatkan literasi kesehatan di Indonesia kategori Very new term. Ekspansi penelitian literasi kesehatan di dunia, Indonesia memiliki posisi rendah. Instrumen health literacy sangat dibutuhkan untuk sektor pendidikan  kesehatan, bahan penelitian dan alat untuk diaplikasikan di klinik.

Tujuan: Systematic review ini untuk mengidentifikasi instrument health literacy yang digunakan untuk pasien usia anak-anak maupun dewasa, baik dikomunitas maupun di rumah sakit.

Metode: Systematic review, melalui penelusuran secara sistematis pada 3 database yang hanya berbahasa inggris dengan menggunakan kata kunci health literacy; instrument AND Measurment. Penelusuran dilakukan di EBSCOhost, Proquest dan Sage. . Dari 89  jumlah referensi yang telah didentifikasi, ada 25 referensi yang diskrining abstraknya, 15 referensi yang diskrining full berdasarakan  kriteria inklusi. Sebanyak 5 referensi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi yang relevan dengan variabel pada sistematik review ini.

Hasil : kuisioner literasi kesehatan yang lazim dipakai  berfokus pada pengukuran objektif pasien dewasa seperti The Newest Vital Sign/NVS, REALM, TOFHLA, HELIA, METER, HLKES, HLS (Duong et al., 2019; Parker et al., 1995; ;  terdapat instrumen untuk anak-anak yaitu REAL Mteen. Fokus pada penilaian subjektif pasien seperti HLQ (Osborne, 2103), fokus pada Kesehatan mental misal METER (Katherine A, 2009)

Published
2022-04-14
How to Cite
Asriadi, A. (2022). INSTRUMEN PENGUKURAN HEALTH LITERACY : SYSTEMATIC REVIEW. Voice of Midwifery, 11(2), 33-41. https://doi.org/10.35906/vom.v11i2.146

Article Metrics

Abstract view : 2913 times
pdf Download : 5102 times