Dampak Faktor Emosional Guru Dalam Pengambilan Keputusan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami dampak faktor emosional guru dalam pengambilan keputusan dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan fokus pada library research. Data dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data dokumentasi dari jurnal online dan buku yang relevan dengan topik penelitian. Proses analisis data menggunakan teknik analisis konten untuk mengidentifikasi pola, tema, dan konsep yang muncul dari data dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor emosional guru, seperti stres, dapat memengaruhi pengambilan keputusan guru dalam proses pendidikan. Stres dapat mengganggu kemampuan guru untuk berpikir jernih, mengambil keputusan yang bijak, dan mempengaruhi hubungan guru-siswa. Di sisi lain, empati terhadap siswa dapat memperkuat hubungan guru-siswa, meningkatkan kreativitas guru, dan memberikan dukungan emosional kepada siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya mengelola faktor emosional guru dalam konteks pendidikan, serta memberikan wawasan tentang strategi untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan guru demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal.
References
Andayani, T. R. (2016). Studi Meta-analisis: Empati dan Bullying. Buletin Psikologi, 20(1–2), 36–51. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=kemampuan+empati+menurut+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DlmpHLsOCMcwJ
Anggraini, W. R., Hartati, C. S., & Utari, W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 13 Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(3), 257–268.
Aswanrahman, Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 224–230.
Gaol, N. T. L. (2023). Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental. Jakarta: PT Scifintech Andrew Wijaya.
Handayani, N. F. (2021). Kontribusi Pelibatan Guru Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Semangat Mengajar Guru. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(02), 64–71. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/554545-kontribusi-pelibatan-guru-dalam-pengambi-56b7e76a.pdf
Istiqomah, E. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 15(2), 1–23.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muljawan, A. (2016). Pengaruh Kepribadian Guru Yang Empati Terhadap Pembelajaran Efektif. Jurnal Asy-Syukriyyah, 17(1), 71–83. https://doi.org/10.36769/asy.v17i1.63
Muthi, H. (2019). Pengaruh partisipasi guru dalam pengambilan keputusan dan implementasi pengawas terhadap kinerja guru. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1(2), 51–71.
Nur, L., & Mugi, H. (2021). Tinjauan literatur mengenai stres dalam organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/39339/15281
Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMP N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 106–112. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Purnama, I., M. Insya Musa, N., & Mislinawati., M. (2018). Kendala Guru Memotivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 46 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 63–78. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10705
Putra, V. M. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Di Smk Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 755–831.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wolgast, A., & Fischer, N. (2017). You are not alone: colleague support and goal-oriented cooperation as resources to reduce teachers’ stress. Social Psychology of Education, 20(1), 97– 114. https://link.springer.com/article/10.1007/s11218-017-9366-1
Article Metrics
Abstract view : 206 timespdf Download : 309 times